you're reading...
Berita PBJ

Lelang Proyek Infrastruktur Diimbau Dipercepat


Sejumlah kalangan mengimbau untuk mempercepat lelang proyek infrastruktur, minimal di akhir tahun 2012 atau pada awal tahun 2013. Dengan percepatan ini, memungkinkan pengerjaan pembangunan ibu kota bisa lebih cepat serta menghasilkan kualitas proyek yang maksimal serta penyerapan anggaran yang sangat baik.

Koordinator Presidium Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta, M Syaiful Jihad mengatakan, dengan percepatan lelang di akhir tahun 2012 atau awal tahun 2013 maka setiap pembangunan bisa dilaksanakan dengan cepat. “Semuanya bisa lebih cepat dan pastinya anggaran juga bisa terserap sangat baik,” ujar M Syaiful Jihad, Minggu (2/9).

Dikatakan Syaiful, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, diketahui pengerjaan proyek infrastruktur di ibu kota rata-rata dikerjakan pada pertengahan dan akhir tahun. Akibatnya, beban pekerjaan menumpuk. Belum lagi, permasalahan di lapangan diluar perencanaan yang terkadang muncul.

Adapun dasar hukum percepatan lelang itu sendiri, kata Syaiful, yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, antara lain pasal 60 ayat 3, pasal 61 ayat 3, pasal 73 ayat 2 beserta penjelasannya.

Sekretaris Umum DPD Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo), Mardin Zendrato juga mengimbau SKPD untuk meningkatkan serta menghilangkan kekhawatiran panitia lelang dalam melakukan tugasnya. “Melalui pelatihan diharapkan para panitia lelang termasuk SKPD dan UKPD tak lagi merasa khawatir atau takut dalam melakukan pelelangan,” ujar Mardin.

Yang paling penting, kata Mardin, SKPD juga diminta tidak memberikan pengerjaan proyek kepada rekanan atau kontraktor yang tidak jelas kantornya maupun kualitas pekerjaan yang mereka hasilkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo berharap, dengan percepatan lelang maka pada awal tahun sudah ada tanda tangan kontrak proyek infrastruktur. Dengan begitu, maka kualiatas proyek bisa terjaga dengan baik. “Tahun anggaran 2012 ini kami sudah melaksanakan percepatan lelang meski hasilnya belum maksimal,” katanya.

Meskipun dipercepat, Ery menjamin, pelaksanaan lelang tetap sesuai aturan. Begitu pun dengan pemeriksaan dan audit akan dilakukan secara rutin. Termasuk juga proyek yang dikerjakan pada akhir tahun dimana selalu dilakukan audit.

Reporter: erik | Editor: erik |

sumber; beritajakarta

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: