you're reading...
Contoh Format

Contoh Format Berita Acara Pemberian Penjelasan (Aanwijzing)


Rapat penjelasan merupakan forum yang diadakan untuk memberikan penjelasan selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya kepada peserta tentang :

  1. Tatacara dan aturan main dalam proses pemilihan penyedia.
  2. Spesifikasi teknis barang/jasa yang harus disediakan oleh penyedia.

Disamping memberikan penjelasan, harus dibuka seluas-luasnya untuk melakukan tanya jawab antara penyedia dengan ULP/Pejabat Pengadaan sehingga peserta pemilihan penyedia mempunyai kesempatan untuk memahami dan mengerti tentang tata cara pemilihan dan spesifikasi teknis.

Prinsip-prinsip aturan main dalam pemberian penjelasan ini adalah :

  1. Peserta boleh tidak hadir dalam tahap ini, walaupun demikian peserta yang tidak hadir harus mengikuti tambahan atau perubahan dokumen pengadaan yang disampaikan pada saat tahap ini.
  2. Seluruh acara pada pemberian penjelasan harus dituangkan dalam Berita Acara dan Berita Acara ini WAJIB disampaikan oleh ULP/Pejabat Pengadaan kepada SELURUH peserta baik yang hadir maupun yang tidak hadir.
  3. Berita Acara tersebut merupakan acuan yang juga harus diikuti oleh seluruh peserta dalam proses pelaksanaan pemilihan penyedia.

Langkah-langkah dan ketentuan selengkapnya dalam pemberian penjelasan adalah sebagai berikut :

  • Dilakukan pada tempat dan waktu yang ditentukan, serta dihadiri oleh para peserta yang terdaftar.
  • Ketidakhadiran peserta tidak menggugurkan penawaran.
  • Perwakilan peserta yang hadir harus menunjukkan tanda pengenal dan surat tugas kepada ULP.
  • Peserta perorangan tidak boleh diwakilkan dan pada saat hadir menunjukkan tanda pengenal kepada ULP.
  • Dalam pemberian penjelasan, harus dijelaskan kepada peserta mengenai:
    1. Metode pemilihan;
    2. Cara penyampaian dokumen penawaran;
    3. Kelengkapan yang harus dilampirkan bersama dokumen penawaran;
    4. Pembukaan dokumen penawaran;
    5. Metode evaluasi;
    6. Hal-hal yang menggugurkan penawaran;
    7. Jenis kontrak yang akan digunakan;
    8. Ketentuan dan cara evaluasi berkenaan dengan preferensi harga atas penggunaan produksi dalam negeri;
    9. Ketentuan tentang penyesuaian harga;
    10. Ketentuan dan cara sub kontrak sebagian pekerjaan kepada usaha mikro dan usaha kecil serta koperasi kecil; dan
    11. Besaran jaminan, masa berlaku dan penjamin yang dapat mengeluarkan jaminan.
  • Apabila dipandang perlu, dapat melakukan peninjauan lapangan.
  • Hasil pemberian penjelasan dituangkan dalam Berita Acara Pemberian Penjelasan yang isinya :
    1. Hal-hal yang dijelaskan
    2. Tanya jawab
    3. Perubahan dokumen pengadaan
    4. Hasil peninjauan lapangan
    5. Keterangan lain yang dipandang perlu BAPP ditandatangani oleh semua anggota pokja ULP yang hadir dan minimal 1 (satu) wakil dari peserta yang hadir.
  • BAPP merupakan bagian tidak terpisahkan dari dokumen pengadaan.
  • Apabila tidak ada peserta yang hadir atau tidak ada yang bersedia menandatangani BAPP, maka BAPP cukup ditandatangani oleh anggota pokja ULP yang hadir.
  • Apabila dalam BAPP sebagaimana dimaksud pada angka 7) terdapat hal-hal/ketentuan baru atau perubahan penting yang perlu ditampung, makaULP menuangkan ke dalam Adendum Dokumen Pengadaan yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari Dokumen Pengadaan.
  • Perubahan rancangan kontrak, spesifikasi teknis, gambar dan/atau nilai total HPS, harus mendapatkan persetujuan PPK sebelum dituangkan dalam Adendum Dokumen Pengadaan.
  • Apabila PPK tidak sependapat dengan usulan perubahan dokumen pengadaan, maka ULP menyampaikannya kepada PA/KPA untuk diputuskan, maka:
    1. Apabila PA/KPA sependapat dengan PPK, tidak dilakukan perubahan; atau
    2. Apabila PA/KPA sependapat dengan ULP, PA/KPA memutuskan perubahan dan bersifat final.
  • Apabila ketentuan baru atau perubahan penting tersebut tidak dituangkan dalam Adendum Dokumen Pengadaan, maka ketentuan baru atau perubahan tersebut dianggap tidak ada.
  • Dalam Adendum Dokumen Pengadaan, ULP dapat memberikan tambahan waktu untuk memasukkan Dokumen Penawaran.
  • ULP memberitahukan kepada semua peserta untuk mengambil salinan Adendum Dokumen Pengadaan.
  • ULP diwajibkan untuk menyediakan salinan BAPP dan Adendum Dokumen Pengadaan (apabila ada) dan mengunggah dokumen tersebut melalui website K/L/D/I masing-masing yang dapat diunduh oleh peserta.

Sumber : Modul 4 Pelaksanaan Pengadaan Barang (LKPP RI)

Format ini hanya merupakan contoh, isinya dapat disesuaikan. Silahkan diunduh melalui 4shared.com atau ziddu.com pada gambar di bawah ini.

Unduh melalui 4shared.com:

Unduh melalui ziddu.com:

About these ads

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; PNS Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu-Sulut; Kontak melalui Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 238CC742, Hp. 085298999383.

Diskusi

9 thoughts on “Contoh Format Berita Acara Pemberian Penjelasan (Aanwijzing)

  1. Permisi Pak Rahfan mo numpang donlod :D

    Posted by Donald | 6 April 2012, 9:20 pm
  2. Silahkan Mas Donald Rerung hehehe……….
    Selamat Merayakan Paskah neh. Dimana posisi dang skarang ?

    Posted by Rahfan Mokoginta | 6 April 2012, 9:26 pm
  3. Hahaha ternyata so baku komen via email. Kita pikir mo terposting di sini.
    Maaf…… :D maklum masih katroooo wkwk

    Posted by Donald | 6 April 2012, 10:24 pm
  4. Permisi saya dah download Ngana pu file…
    Sekalian tanya : klo spek teknis jasa konstruksi itu lingkupnya apa ya? Klo spek barang kan jelas..
    Makasih ats bantuannya

    Posted by gede panca | 10 April 2012, 11:15 am
  5. Terima kasih buat teman dalam mengupload format Aawijzing semoga berguna buat kita semua…. sukses selalu buat kita semua

    Posted by veryns | 7 Juni 2012, 11:45 am
  6. @ Gede Panca
    Silahkan di download Bang :)
    Spesifikasi Teknis pada pekerjaan Konstruksi seperti spesifikasi barang/bahan yang akan digunakan, spesifikasi beton, dll.

    @ Verin
    Terima kasih, semoga bermanfaat untuk Insan PBJ di Negeri ini, Amin.

    Posted by Rahfan Mokoginta | 6 Mei 2013, 12:14 pm
  7. infonya amat bermanfaat bagi kami yang awam tentang proses pengadaan barang. makasih banget pak

    Posted by anis | 23 September 2013, 9:30 pm
  8. @ Anis
    Terima kasih atas apresiasinya.

    Posted by Rahfan Mokoginta | 25 September 2013, 9:16 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Download Contoh Format RUP, KAK, HPS, Survay, SP, SPK, Swakelola, dll | ULP - 4 Mei 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; PNS Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 238CC742

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 715,303 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 559 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: