you're reading...
Berita PBJ

BPK: Pengadaan Langsung Bisa Jadi Barang Haram


Ramdhania El Hida – detikfinance
Jumat, 02/11/2012 12:05 WIB

Jakarta – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengingatkan sistem realisasi penyerapan anggaran APBN/APBD dengan cara kebut di akhir tahun sangat rawan penyimpangan. Apalagi penyerapan anggaran dilakukan dengan cara penunjukan langsung.

Anggota BPK Taufiequrrahman Ruki menyayangkan dalam pengelolaan anggaran masih terdapat beberapa kelemahan. Salah satunya, banyak kementerian dan lembaga yang baru menyalurkan anggaran pada akhir tahun.

“Penyaluran jangan November dan Desember, mbok ya Februari, Maret,” kata pada acara Penyelesaian Permasalahan Aset Tetap, PNBP, dan Hibah dalam rangka meningkatkan kualitas LKKL dan LKPP Tahun 2012, Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta, Jumat (2/11/2012).

Padahal, lanjut Taufik, penyerapan anggaran pada awal tahun bisa sangat membantu pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sementara penyerapan anggaran yang dikejar pada akhir tahun justru berpotensi menimbulkan penyelewengan.

“Maka ada baiknya penyaluran anggaran dilakukan di awal atau pertengahan tahun. Kalau di akhir tahun nanti kepepet Pengadaan langsung, ingat pengadaan langsung itu bisa jadi barang haram,” tegasnya.

Namun ia juga memuji perbaikan infrastruktur yang dilakukan pemerintah. Kondisi infrastruktur sekitar 40 tahun lalu seperti di Papua, dibandingkan saat ini keadaannya sudah jauh berbeda.

“Dulu teman saya ditugaskan ke Papua bawa istrinya, sampai sana istrinya bisa hamil. Namun sekarang untuk sampai ke Papua hanya butuh waktu 7 jam, jadi tidak bisa menghamili istrinya lagi sampai ke sana,” ungkapnya.

(nia/hen)

Sumber: detik finance
Iklan

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D905C5EF

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,803,849 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 2.043 pengikut lainnya

Komentar Terbaru

rajeb herbima di Perka LKPP No. 18 Thn 2014 Ten…
ANDI di Contoh Format Kontrak Dengan S…
Deni di Layanan
hendro di Forum
husaini di Pengadaan Kendaraan Bermotor (…
Amat Ismail,ST di Perpres No. 70 Tahun 2012 Tent…
natalion di Contoh Format SPK Untuk Pengad…
judikoesharijanto. di Layanan
Supandi Sastra di Download
Supandi Sastra di Download

%d blogger menyukai ini: