you're reading...
Berita PBJ

Nah Lho! Pengadaan Alat Kesehatan Tak Lagi Lewat Lelang


BANDUNG (bisnis-jabar.com)-Pemerintah pusat tidak akan lagi melakukan proses tender pada alat kesehatan. Objek lelang ini akan masuk e-katalog dimana pemerintah bisa melakukan pembelian langsung seperti yang diterapkan pada pengadaan kendaraan dinas.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Rahardjo mengatakan yang akan diujicobakan pertama kali adalah memasukan alat kesehatan ke e-katalog.

“Pemerintah serius tidak akan melakukan lelang alat kesehatan lagi, November ini akan diujicobakan” katanya di Bappeda Jabar, Rabu (10/10).

Saat ini, LKPP menurut Agus tengah memanggil sejumlah pabrikan alat kesehatan untuk bertanya soal harga jual yang diberikan pada rumah sakit swasta.

Jika harga dari seluruh pabrikan diketahui, perusahaan yang tertarik menjadi penjual mendatangi LKPP untuk mengikat kontrak turut serta dalam e-katalog.

“Seperti alat X ray, pisau bedah, ini jenis barangnya, ini harganya dari berbagai merek. Nanti beli saja langsung. Kalau [Pemda] di Sumatera ada, langsung beli saja di sana,” katanya.

Menurut Agus, jika proses e-katalog alkes ini selesai maka anggaran yang tengah disusun pemerintah pusat maupun provinsi dan daerah tengah berjalan bisa langsung memakai pola ini. “Sekarang yang tengah disiapkan kan anggarannya, paket pekerjaannya disusun, kalau sudah nanti langsung beli saja,” katanya.

Masuknya alkes ke dalam e-katalog mencontoh daftar e-katalog motor dan mobil yang sudah lebih dulu ada. Dimana para pemerintah dijamin mendapat kepastian harga yang lebih rendah dibanding harga umum.

“Ada jaminan [rendah] karena ada kontrak, kalau pemerintah lebih mahal dari pada pelat hitam, dilaporkan, terbukti, penjual harus mengembalikan kelebihannya,” katanya.(k57/yri)

sumber: bisnis jabar

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

2 thoughts on “Nah Lho! Pengadaan Alat Kesehatan Tak Lagi Lewat Lelang

  1. Mohon pencerahan pak…
    Kamu sudah melaksanakan pelelangan umum pascakualifikasi pra DIPA, untuk pengadaan Alkes. Pemenang telah ditetapkan, tanda tangan kontrak masih menunggu DIPA disyahkan.
    Pertanyaan : Apakah kami tetap lanjut dengan penyedia yang telah ditetapkan sebagai pemenang, atau melakukan oenunjukkan langsung dengan catatan bahwa hasil pelelangan dibatalkan. Bagaimana bila tenyata nilai kontrak lewat lelang lebih tinggi daripada harga GSO yang di tetapkan dalam e-catalogue?
    Teima kasih

    Suka

    Posted by risna prisandi | 15 Oktober 2012, 7:11 am
  2. @Risna Prisandi
    E-Katalog untuk Alat Kesehatan sampai saat ini belum ada, oleh karena itu Proses yang sudah berjalan silahkan dilanjutkan.

    Suka

    Posted by Rahfan Mokoginta | 15 Oktober 2012, 1:00 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: