you're reading...
Berita PBJ

LKPP Duga Banyak Lelang Pengadaan Pura-Pura di Daerah


BANDUNG (bisnis-jabar.com)- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menilai pentimpangan tak hanya terjadi di pengadaan alat kesehatan, komponen lelang lainnya pun menjadi sasaran permainan.

Kepala LKPP Agus Rahardjo mengatakan hal yang sama juga terjadi pada lelang obat-obatan habis pakai yang menurut Agus banyak kasus pura-pura lelang untuk yang menyebabkan banyaknya pengelembungan harga.

“Ke depan semua barang bisa di e-katalogkan. Kalau di carrefour, giant barang sudah kelihatan harganya, kenapa masih harus lelang?” katanya.

Menurut Agus, di daerah lazim terjadi kasus lelang belum berlangsung tapi pemenangnya sudah ada. ” Ini sulit dihilangkan, kejadian yang sering kita temukan seperti itu,” katanya. Salah satu cara untuk mengeliminir penyimpangan adalah memasukan komponen lelang dalam e-katalog. Namun dia menilai pemerintah harus tetap bertahap memasukan semua barang ke e-katalog karena menyangkut dunia usaha yang terkait banyak pihak.

Agus membantah jika upaya pemerintah melakukan efisiensi anggaran lewat e-katalog terutama alat kesehatan akan mendapat ganjalan dari DPR-RI. “Pada DPR kami selalu melaporkan soal ini, kinerja kami kan juga diawasi komisi IX,” katanya.

Menurut Agus, selain efisiensi kalau e-katalog ini berjalan, pemerintah bisa mengumpulkan data terkait pembelian barang di daerah. Karena proses lelang yang ada selama ini tidak memungkinkan LKPP mengkompilasi data tersebut.

sumber: bisnis jabar

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: