you're reading...
Berita PBJ

Integrasi GRMS-SPSE Nasional


PELAKSANAAN pembangunan saat ini bisa dipastikan transparan terutama dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa, karena saat ini seperti yang disampaikan oleh Direktur e-Procurement Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) Ir. Ikak Gayuh Prasetya bahwa Kota Surabaya dalam proses pengadaan barang/jasa sudah terintegrasi dengan Goverment Resource Management System (GRMS) dan System Pengadaan Barang Secara Elektronik (SPSE) Nasional.

Plt Kabag Bina Program Pemkot Surabaya, Erik Cahyadi mengatakan, dengan terintegrasi sistem ini maka kekhawatiran penawaran ini bisa diatur oleh pihak-pihak tertentu dapat dihilangkan, karena dengan terintegrasinya aplikasi ini maka pengamanan penawaran maupun data yang terkirim di-back up oleh Lembaga Sandi Negara (Lemsanag) sehingga semua pihak yang terlibat dalam SPSE baik admin, PPK, Unit Layanan Pelelangan (ULP) dan penyedia tidak bisa mengetahui penawar yang masuk maupun nilai penawarannya dan ini tidak berbeda dengan aplikasi e-procurement kota Surabaya, sedangkan yang membedakan sekarang pengamanan diperkuat dengan adanya Lemsanag.

Selain itu jika ada indikasi kecurangan yang dilakukan oleh pihak tertentu, maka penyedia dapat melaporkan ke LKPP dengan memberitahukan Paket Pekerjaan, tanggal pelelangan, tanggal buka sampul sehingga LKPP dapat melakukan pemeriksaan melalui aplikasi untuk memastikan terjadi kecurangan atau tidak sehingga pemeriksaan atau pengawasan dalam pemilihan penyedia barang/jasa tidak hanya dilakukan oleh internal pemerintah kota Surabaya tetapi juga oleh LKPP sebagai pembuat kebijakan terkait dengan pengadaan barang/jasa.

Untuk menunjang agar pelaksanaan pekerjaan tepat waktu dan lebih transparan maka Bagian Bina Program kota Surabaya akan mengumumkan RUP (Rencana Umum Pengadaan) diawal tahun setelah anggaran disahkan. Dimana seluruh paket pekerjaan akan bisa dilihat oleh masyarakat luas tentang rencana waktu pelaksanaannya sehingga seluruh masyarakat surabaya dapat ikut memantau pelaksanaan pekerjaan di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dengan harapan agar tidak terjadi keterlambatan pekerjaan.

Selain adanya RUP maka forum yang terdiri dari pihak pemerintah kota dan perwakilan penyedia barang/jasa yang diwakili asosiasi dapat dibentuk untuk memberikan masukan terhadap pelaksanaan pekerjaan maupun pengawasan dilapangan karena semakin banyak pihak yang melakukan pengawasan semakin baik pula hasil pekerjaan yang didapat. Sehingga keluhan terhadap lambatnya proses pengadaan barang/jasa maupun pelaksanaan pekerjaan dapat dikikis karena bagaimanapun penyedia barang/jasa adalah partner Pemerintah Kota untuk membangun kota bukan saling memusuhi tetapi seharusnya saling menguatkan maka dengan forum inilah maka diharapkan semua itu bisa terwujud.

Dengan terintegrasinya sistem dan transparan pengumuman pekerjaan serta pengawasan bersama oleh seluruh lapisan masyarakat maka ke depan kecurigaan terkait pelaksanaan pengadaan juga dapat terkikis dan keterlambatan pekerjaan dapat dihindarkan sehingga pembangunan dapat dirasakan masyarakat. adv

sumber: surabayapost

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: