you're reading...
Artikel PBJ

Publik Harus Pantau Proses Lelang Elektronik


Baban Gandapurnama – detikBandung

Bandung – Kepala Balai Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jawa Barat Ika Mardiah mengharapkan dan meminta publik turut memantau atau mengawasi proses lelang barang dan jasa. Terutama dilakukan instansi pemerintah di Jabar melalui LPSE.

Hal tersebut disampaikan Ika saat Workshop Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Bagi Jurnalis di Hotel Grand Serella Bandung, Rabu (4/4/2012). Kegiatan ini menghadirkan pembicara yakni Direktur e-Procurement Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Ikak G Patriatomo, Konsultan LKPP Invanos Tertiana, General Manajer Enterprise PT Telekomunikasi Indonesia Divre III Muhammad Subhan Iswahyudidan.

“Kami meminta masyarakat untuk memantau dan turut meyukseskan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa secara elektronik,” ucapnya.

Ika menjelaskan, peran media menyebarkan informasi kepada masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan wawasan kepada publik soal SPSE dan LPSE.

Menurut Ika, Pemprov Jabar sejak 2008 menggunakan aplikasi SPSE dalam menyelenggarakan proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Namun, transparansi informasi tersebut belum dimanfaatkan publik untuk ikut mengawasi proses pengadaan barang dan jasa

“SPSE yang berbasis web ini menjadikan informasinya sangat mudah diakses publik,” tutup Ika

Sekda Jawa Barat Lex Laksamana mengatakan Pemprov Jabar berkomitmen melaksanakan reformasi birokrasi termasuk dalam pengadaan barang dan jasa. Pemprov Jabar pun, kata Lex, sudah menerapkan SPSE dengan sistem komputer laporan keuangan daerah.

Lebih lanjut Lex menuturkan, Pemprov Jabar menerapkan sistem manajemen mutu International Standardisation for Organization (ISO) di setiap Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD)

“Berbagai program yang mengarah pada pelaksanaan agenda reformasi birokrasi telah kami lakukan diantaranya implementasi pelayanan terpadu satu pintu. Pada awal pelaksanaan kita hanya melayani 51 jenis layanan masyarakat dan bertambah menjadi 83 jenis dan akan terus bertambah,” sebut Lex dalam sambutannya.

(bbn/bbn)

Sumber: detik

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

One thought on “Publik Harus Pantau Proses Lelang Elektronik

  1. semoga bisa dilaksanakan dengan jujur, baik dan terpercaya, juga sukses pada setiap langkah yang dilakukan untuk pengadaan barangnya aminnn

    Suka

    Posted by harga notebook | 10 April 2012, 3:02 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: