you're reading...
Berita PBJ

“Gaptek”, Kontraktor Mamanfaatkan Jasa Rental


Bukittinggi, Padek-Sebanyak 127 paket pengadaan barang dan jasa di Pemko Bukittinggi tahun ini, tendernya akan dilakukan secara online melalui melalui proses tender elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-procurement.

“Langkah itu diambil Pemko Bukittinggi, selain merujuk kepada Peraturan Presiden (Perpres) No 54/2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, sekaligus untuk menghindari dugaan kecurangan dari proses tender itu sendiri,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Kota Bukittinggi, Syafrizal, kemarin.

Dia mengakui, terlambat proses tender secara elektronik dibanding kota/kabupaten lain di Sumbar, karena Pemko sedang mempersiapkan perangkat lunak dan keras, termasuk unit layanan pengadaan.

“Saat ini semua perangkat itu sudah ada, yang dipusatkan di unit Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Direncanakan bulan ini proses tender secara elektronik sudah bisa dimulai,” jelasnya.

Keuntungan lain dalam proses tender elektronik, katanya, adalah dapat menghemat biaya transportasi, akomodasi, konsolidasi dan cetak dokumen, sehingga penyedia jasa dapat memiliki ruang yang cukup untuk melakukan optimalisasi penurunan nilai jual barang dan jasa.

“Dengan dimulainya pelaksanaan tender elektronik awal Maret ini, diharapkan tidak ada lagi dugaan kecurangan dalam proses tender, karena pelaksanaan tender secara elektronik itu sangat transparan dan terukur,” jelasnya.

Pengamatan Padang Ekspres di lapangan, dengan diterapkannya pengadaan barang jasa dengan sistem elektronik oleh pemko banyak kontraktor yang umumnya menengah ke bawah, merasa grogi dengan sistem tender elektronik ini.

Sebab, selain harus menyesuaikan dengan teknologi modern, mereka juga gagap teknologi (gaptek) komputer, sehingga mereka terpaksa memakai jasa rental computer. (edi)

sumber: padangekspres

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: