you're reading...
Berita PBJ

Banyak Pimpinan SKPD Tak Paham e-Procurement


 

BERITAJAKARTA.COM — 21-02-2012 17:33

Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta transparan dalam pengelolaan keuangan daerah, Pemprov DKI Jakarta memberlakan pelaksanaan tender di lingkungan Pemprov DKI Jakarta secara elektronik (e-tender). Sayangnya, selain karena faktor kehati-hatian, salah satu penyebab rendahnya penyerapan anggaran disebabkan masih banyaknya para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) di Jakarta Pusat yang belum memahami pelaksanaan tender secara elektronik.

Karenanya, terkait hal itu, Sudin Komunikasi Informatika dan Kehumasan (Kominfomas) Jakarta Pusat menggelar sosialisasi e-Procurement melalui sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang diikuti 125 peserta dan terdiri dari para pimpinan SKPD/UKPD.

“Masih banyak para pimpinan SKPD/UKPD di Jakarta Pusat yang belum memahami pelaksaaan tender secara elektronik. Sehingga mereka diberi pemahaman dan sosialisasi terhadap masalah tersebut,” ujar Bambang Musyawardana, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, saat menghadiri kegiatan tersebut, Selasa (21/2).

Diungkapkan Bambang, kewajiban melaksanakan e-tender melalui LPSE pada tahun 2012 sudah disampaikan secara tertulis sebagimana tertuang dalam Surat Edaran No 16/SE/2011 tentang wajib e- Procurement sistem nasional.

Sesuai data Smart Report Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada tahun 2011, sambungnya, dari 726 SKPD/UKPD di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, sebagian telah melaksanakan e-tender melalui LPSE dengan total pagu lebih dari Rp 2,175 triliun dan efisiensi sebesar 13,22 persen. Ia berharap, hal tersebut dapat memacu para SKPD/UKPD lainnya untuk melaksanakan e-tender melalui LPSE termasuk pelelangan sederhana dan seleksi sederhana pada tahun 2012.

Sementara itu, Kepala Sudin Kominfomas Jakarta Pusat, Ridho Bahar menambahkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 125 peserta yang terdiri dari para pimpinan SKPD/UKPD di wilayah Jakarta Pusat. Dijelaskannya, kegiatan ini dilakukan dua tahap, yaitu sosialisasi terkait kebijakan Perpres No 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa serta Mekanisme Pengunaan Sistem LPSE. “Selain itu, ada juga sosialisasi tentang bimbingan teknis penggunaan sistem,” tandasnya.

Reporter: amin | Editor: erik

sumber: beritajakarta

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: