you're reading...
Berita PBJ

Modus Operandi Korupsi Bidang Pendidikan Terungkap


CILACAP, (TubasMedia.Com) – Mantan Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Sulijati SH meninggalkan tunggakan kasus pengungkapan 16 modus operandi tindak pidana korupsi di bidang pendidikan.

Saat masih menjabat, Sulijati mengatakan di depan Kepala SMP, SMA, dan SMK serta Kepala UPT Disdikpora se-Kabupaten Cilacap bahwa kasus tindak pidana korupsi di bidang pendidikan baik dalam sekolah mau pun luar sekolah terbagi dalam 10 kelompok perkara yaitu pengadaan buku, pengadaan buku dengan melibatkan penerbit lain, penyeragaman alat peraga, baju seragam, tak ada sekolah gratis, berbagai pungutan, kolusi dengan komite sekolah, terjerat tabungan siswa, ujian kejar paket, dan keaksaraan fungsional.

Menurut Sulijati, juga modus itu dilakukan dengan cara penerbit melakukan pendekatan kepada para pejabat daerah terkait untuk menganggarkan belanja buku dari APBD-nya. “Mereka melakukan pendekatan dengan Bupati secara langsung,” tandasnya. Jika gagal, ujarnya, mereka akan lari ke Wakil Bupati, kemudian Ketua DPRD, bahkan sampai ke Muspida. Di situ mereka memberikan sejumlah iming-iming fee khusus untuk para pejabat penentu kebijakan.

“Mereka juga membuat semacam konsorsium, dimana lelang seakan-akan terbuka,” demikian Sulijati.

Dikatakan, pemenang tender memang satu, tetapi semuanya telah diatur dan kelak semua anggota konsorsium akan memperoleh jatah dibeli bukunya. “Atau yang malas terima uang terima kasih saja,” katanya.

Tentang belanja buku, dia menandaskan bahwa langsung dilakukan oleh sekolah satu paket dengan dana bantuan semacam DAK dan lainnya. Sehingga penerbit melakukan bujuk rayu kepada para kepala sekolah dan guru untuk membeli buku dengan tawaran diskon yang menggoda.

Di samping itu, penganggaran belanja barang secara massal dan seragam lalu didistribusikan tanpa mempedulikan apakah alat peraga itu menjadi kebutuhan sekolah atau tidak.

“Sebagai kamuflase seakan-akan ada keuntungan bagi koperasi sekolah, maka para siswa diarahkan untuk membeli baju di koperasi sekolah,” tambah dia. (estanto)

sumber: tubasmedia

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: