you're reading...
Artikel PBJ

Pengadaan Terkonsolidasi – Good or Bed?


Penulis: Tri Putranto Vindi Kusuma (Praktisi & Trainer PBJ; PNS Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung).

Model Pengadaan terkonsolidasi atau terintegrasi biasanya diatur oleh suatu badan regulasi khusus yang akan mengurusi semua mekanisme pembelian; baik barang maupun jasa. Hal ini akan memudahkan di dalam manajemen pengendalian item dan volume yang akan dibeli dan yang terpenting adalah memberi kesempatan kepada suplier atau penyedia untuk lebih mengembangkan badan usaha karena pembelian dikonsolidasi dalam jumlah yang besar (lihat teori Peter Kraljic).

Model pengadaan terpusat akan lebih efisien di dalam hal inventory control, cost of acquisition yang rendah, penggajian pegawai yang lebih hemat dan menurunkan biaya overhead (overhead cost). Procurement officer juga akan lebih fokus dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan  yang berkaitan dengan supply chain management karena sumber daya keuangan yang ada bisa diberdayakan. Praktis para staf pengadaan akan lebih meningkatkan hubungan dengan para suplier dengan etika dan profesionalitas yang lebih baik.

Pengadaan secara terkonsolidasi biasanya dibutuhkan bagi organisasi yang berkembang secara pesat dan banyak mempunyai anak perusahaan atau bahkan justru dari banyak perusahaan berubah bentuk karena adanya merger.

Keuntungan

  1. Menekan biaya overhead
  2. Duplikasi tugas pokok dan fungsi staf pengadaan dapat dihindari sehingga lebih menghemat anggaran dan mempermudah pengawasan standar kerja staf pengadaan.
  3. Banyak staf pengadaan yang sudah tidak mempunyai waktu lagi untuk mengurusi pembelian dengan jumlah kecil (low level ad-hoc purchasing)
  4. Pembelian dalam jumlah besar berarti bisa memenuhi 5 asas right : quality,quantity,time,place and price (kemungkinan memperoleh kesempatan discount lebih besar).
  5. Menekan biaya pengangkutan dan biaya staf di gudang penyimpanan.
  6. Memungkinkan dilakukannya sistem terkomputerisasi melalui VMI (Vendor Management Inventory).
  7. Suplier akan lebih mengetahui dengan pihak mana saja dia harus berurusan.
  8. Staf pengadaan akan lebih bisa membangun relationship profesional antara penyedia dan pengguna
  9. Pengawasan inventory yang lebih mudah.

Kerugian

  1. Sering terjadi keterlambatan di dalam pengiriman atau distribusi pesanan buyer akibat kontrol pemesanan yang tidak terkendali.
  2. Apabila perusahaan pejual terpisah-pisah secara geografis, kecil kemungkinan diperoleh potongan harga (discount)
  3. Departemen pengadaan terkonsolidasi memerlukan managemen organisasi yang baik akibat kompleksitas pekerjaan

Pengadaan terkonsolidasi mempunyai lebih manfaat bagi perusahaan besar yang memiliki tidak terlalu banyak cabang yang tersebar secara geografis. Peraturan Presiden No 54 tahun 2010 didalam pasal 53 telah mencantumkan tentang Kontrak Pengadaan Bersama (1 penyedia dengan banyak Pejabat Pembuat Komitmen), kiranya ini menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi kita khususnya pokja Unit Layanan Pengadaan untuk melakukannya.


About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,622,480 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.972 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: