you're reading...
Berita PBJ

Kepala SKPD Belum Pahami Perpres 54


Dapat Perlambat Proses Pembangunan

SELATPANJANG(DP)-MASIH banyak ditemukan Kepala SKPD atau pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, tidak mengerti dan memahami Perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Hal itu tentunya menyebabkan terlambatnya proses pengadaan barang dan jasa, yang berujung kepada terlambatnya proses pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Demikian disampaikan Sekda, H Zubiarsyah MS SH membacakan pidato Bupati, Drs Irwan Nasir MSi, saat membuka bimbingan teknis dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Selasa (7/2). Ia juga tidak berharap, akibat ketidaktahuan terhadap Perpres 54 tahun 2010 itu serta peraturan-peraturan tentang pengelolaan keuangan daerah menyebabkan tersangkut kepada masalah hukum nantinya.

‘’Bimtek dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa Pemerintah ini merupakan satu langkah yang sangat penting bagi kita semua, karena dari pelaksanaan kegiatan ini kita akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang tata cara pengadaan barang dan jasa Pemerintah. Serta, tata cara pelaksanaan dan pengelolaankegiatan berdasarkan peraturan presiden nomor 54 tahun 2010. Apalagi saat ini, dari pantauan kami dilapangan banyak kepala SKPD ataupun pejabat eselon II dan IIIyang tidak mengerti dan memahami Perpres 54 tahun 2010,” Kata Sekda kemarin saat membacakan sambutan Bupati.
Lebih lanjut, diuatarakan Sekda Kepulauan Meranti tujuan dari diselelnggarakannya kegiatan tersebut adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas dari seorang PNS yang memiliki sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa Pemerintah di lingkup Pemkab Kepulauan Meranti.
‘’Perlu kita ketahui bersama berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan bagian ekbang setdakab, jumlah PNS di lingkup Kepulauan Meranti yang telah memiliki sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa tingkat dasar berdasarkan Perepres 54 tahun 2010, baru berjumlah sebanyak 39 orang. Tentunya hal itu masih jauh dari yang diharapkan,” ucapnya.
Oleh karena itu, Sekda mengharapkan agar peserta ujian sertifikasi yang dilaksanakan tersebut dapat lulus minimal sebesar 74 persen dari jmlah peserta. Hal itu dalam rangka memenuhi amanat Perpres 54 tahun 2010 bahwa terhitung 1 jabuari 2012 PA/KPA/PPK, atau panitia serta pejabat pengadaan sudah harus memiliki sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa Pemerintah.
Kepala Ekbang Setdakab, Areadi SE MSi selaku ketua penyelenggaran kegiatan Bimtek dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkab Meranti menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak selasa (7/2) kemarin hingga berakhir pada kamis (9/2) besok. Pemateri dan penguji dalam melaksanakan kegiatan itu juga didatangkan dari Bappenas, Ir Hari Kristijo MSc dan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten se-Indonesia (APKASI), Rosa.
‘’Tes atau ujian akan kita laksanakan dihari terakhir nantinya. Pada kegiatan yang sama pada tahun 2011 lalu dari 80-an peserta yang dinyatakan lulus hanya sekitar 10 orang atau sebesar 10 persennya saja. oleh karena itu, karena masih banyaknya kekuran PNS yang memiliki sertifikasi, maka pelaksanaan kali ini dapat lulus lebih banyak lagi sehingga kebutuhan terhadap PNS yang memiliki sertifikasi dapat terpenuhi,” Kata Areadi.(rio)

sumber: dumaipos

About Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BB: 2BCD7AF2

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Rahfan Mokoginta

Procurement Trainer Certified LKPP; Procurement Specialist; PNS Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu - Sulawesi Utara; Kontak: Hp. 085298999383, WA. 082293683022, Email: rahfan@pengadaan.org, PIN BBM: D32ADB37

PENGUNJUNG

TOTAL HITS

  • 1,616,536 Hits sejak 21/01/ 2012

STATUS ANDA

IP

FLAGCOUNTER

Sejak 22 Februari 2012 free counters

Twitter Terbaru

Dapatkan update artikel, berita, dan contoh format PBJ secara gratis. Silahkan masukan alamat email anda di bawah ini kemudian klik tombol "Berlangganan"

Bergabunglah dengan 1.970 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: